Siomay

Karena stok ikan tenggiri masih banyak, setelah bikin pempek (sayang, aku lupa motoin jadi nggak takmasukkin sini. Aku bikinnya sesuai dengan resepnya Wied Harry Apriaji) aku mutusin buat masak siomay.. Hehehe… Resepnya:

Bahan:

± 300 gr daging tenggiri

± 180 gr tepung (30 gr tepung terigu, 150 gr tepung kanji)

8 siung bawang merah

5 siung bawang putih

6 buah daun bawang

1 butir telur

Kulit pangsit secukupnya

Air es secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Lada secukupnya

Kaldu ayam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur daging tenggiri, bawang merah dan bawang putih di dalam food processor, trus diblending setengah halus. (bisa ditambahin air es secukupnya. Jangan banyak-banyak, paling sekitar 5 – 10 sendok makan. Hanya untuk memperlancar proses pencampuran aja).
  2. Setelah itu, masukkan gula, garam, lada dan kaldu kedalam food processor. Blend lagi sampai halus.
  3. Tuang semua campuran tadi ke mangkuk yang cukup besar (ya seenggak-enggaknya cukup enaklah bikin kita mengaduk-aduk adonan).
  4. Masukkan telur dan daun bawang, aduk.
  5. Masukkan tepung, sedikit-sedikit sambil diaduk sampai bisa dibentuk. Kenapa aku nulisnya kurang lebih, karena ini disesuaiin sama tingkat kekalisan si adonan. Kalau tepung belum abis, tapi adonan udah dirasa cukup, ya sudah nggak usah dimasukkin semua itu tepung.
  6. Kalau sudah siap dibentuk, ambil 1 lembar kulit pangsit trus isi sama adonan tenggiri tadi. Trus dilipat. Karena aku kurang ahli dalam hal lipat melipat (termasuk origami), jadinya acak kadul gitu penampilannya. Hehehe…. Terserah deh mau ngelipatnya kayak gimana.
  7. Kalau dirumah punya tahu atau kubis, boleh juga dijadiin pembungkus adonan. Kalau tahu, setelah dipotong sekitar 4×4 cm, dikerok aja tengahnya trus diisi sama adonan. Kalau kubis, dipakai perlembarnya buat membungkus.
  8. Setelah beres adegan bungkus-membungkusnya, letakkan siomay didalam loyang. Masukkan kedalam panci yang sudah dipanaskan. Kukus selama 30 menit. Biar tanek kalau orang jawa bilang.
  9. Kalau sudah 30 menit, dinginkan dulu. Baru keluarin dari panci. Siap disajikan.

Catatan:

Yang namanya siomay itukan sausnya pakai saus kacang ya? Tapi karena aku bikinnya itu agak malem, jadi males deh :p

Jadi pas nyicipin itu, aku cuma pakai sambal botolan sama mayonnaise. Enak juga kok. Besoknya aku bikin sup (yang terdiri dari kaldu, wortel, buncis, jagung pipilan, sama garam dan gula) dan aku makan siomay itu pakai sup itu. Enak juga.

Siomay dengan sup

Pas siang, ternyata mamaku sudah bikin saus kacang. Akhirnya dimakan pakai saus kacang deh.. Enak lagi.. hehehe

Siomay dengan Saus Kacang

Sebenernya, penyajiannya sesuai kreativias aja deh. Digoreng enak, cuma dikukus juga enak. Atau teman-teman punya ide lain, gimana memanfaatkan siomay?

 

reANNfi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s