Martabak Bihun

Martabak tahu merupakan salah satu cemilan favoritku sejak kecil. Di Gresik, my hometown, ada banyak ibu-ibu yang ngejualin makanan satu ini, apalagi didaerah Jl. MH. Thamrin sampai Trate Pasar Gresik. Kulitnya hampir mirip seperti Martabak telur, cuma bentuknya nggak kotak gitu tapi segitiga. Dan untuk varian isinya, ada yang isi tumis bihun, tahu, usus ayam, telur ataupun campuran dari bahan-bahan diatas. Yummmy… Someday, aku berniat membuatnya sendiri dan minta resep ke penjual langganan. Hasilnya seperti ini nih:

Martabak Bihun + Petis

How to do:

Kulit: (Resep dari Ibu Penjual) >> tepung terigu + air dingin + minyak goreng >> tepung terigu dicampur dengan air dingin trus diuleni sampai kalis. Sampai kalis itu berarti bisa dibentuk. Kalau agak susah nguleni bisa ditambahi minyak sedikit demi sedikit. Setelah itu adonan ditaruh di tempat plastik dan agak digenangi sama minyak biar gampang dibentuk ntar. Biarkan adonan selama kurleb 1 jam.

Isi: (Dari Emak tercinta) >> tumis bawang putih dan bawang bombay > masukkan wortel yang udah diserut atau dipotong halus panjang-panjang > aduk-aduk > tambahkan kubis yang dipotong panjang-panjang juga > daun bawang, potong serong halus > masukkan bihun yang sudah direndam air panas sampai lunak > aduk-aduk > tambahkan seasoning (gula, garam, merica sesuai selera) > angkat.

>> Ambil satu bagian kecil dari adonan kulit tadi, kira-kira sebesar satu sendok makan trus diratain dan ditipisin > taruh 1sdm isian bihun ke atas adonan rata tadi > tutup kayak bikin lumpia gitu. Biasanya bentuknya segitiga. Lakukan sampai adonan kulit dan isi habis. Trus goreng deh sampai kecoklatan > Angkat, tiriskan.

Saus Petis: Ulek bawang putih goreng + cabe rawit + petis hitam. Tambahkan air putih sampai pada tingkat kekentalan yang dipengenin. Sajikan bersama martabaknya.

Notes:

  • Mengenai ukuran dan takaran bumbu, itu tergantung selera ya.. As i said before, aku nggak terlalu merhatiin jumlah bahan yang aku pakai. Cumaa, kemarin itu aku bikin dari 100 gr tepung, hasilnya jadi 10 potong martabak.
  • Isinya bisa divariasi yaaa…. bihunnya dicampur tahu atau telur gitu.
  • Menguleni adonannya harus yang sampai kalis ya. Jangan sampai kayak aku, itu foto yang diatas itu, sebenernya adonannya kurang kalis, hasilnya adonan kulitnya agak bergelombang gitu.. Kurang aluus..
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s