Pancake Oatmeal

Dirumah, aku punya stock Oatmeal Instan. Duluuuu, belagak pengen hidup sehat dengan sarapan pake oatmeal tiap hari. Eeeeee… Ternyata nggak terlalu addict sama rasanya yang agak lengket itu, jadi berhenti deh setelah beberapa hari. Tapi karena stocknya masih banyak, aku bingung mau diapain. Dibuang juga sayang. Finally, gugling-gugling, dapet resep Pancake Oatmeal dari websitenya ‘Teh Ninit. Karena takut gagal, aku bikin separuh resep. Hehehe..

Ini resep aslinya:

Bahan:
100g oats (instan oatmeal), dihaluskan dengan blender.
50g tepung terigu.
1 sdm gula pasir.
1/2 sdt garam.
1 sdt baking powder.
1/2 sdt soda kue.
175ml susu cair.
2 sdm mentega, lelehkan.
1 butir telur, kocok lepas.

Nah, kalau versiku:
Bahan:
50g oats (instan oatmeal)
25g tepung terigu.
1 sdm gula pasir.
1/2 sdt garam.
1 sdt baking powder.
1/2 sdt soda kue.
200ml susu cair.
2 sdm mentega, lelehkan.
1 butir telur, kocok lepas.

Cara Membuatnya:

  1. Campur tepung oats, tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder dan soda kue dalam 1 bowl. Sisihkan.
  2. Campur susu, mentega leleh, dan telur. Aduk rata. Tuang dalam bowl yang sudah berisi campuran tepung, aduk rata.
  3. Panaskan pan, tuangkan adonan. Masak sampai adonan matang, balikkan hingga warnanya kecokelatan. Setelah dua sisinya matang, angkat.
  4. Penyajiannya terserah sih, aku makan pancake nya sama selai strawberry dan coklat. Yummy… Mau ditambahin keju juga oke.
Adonan Pancake Separuh Resep

Adonan Pancake Separuh Resep

Adonan yang dimasak di teflon

Adonan yang dimasak di teflon

Note: Setelah dibuat separuh resep. Ada sedikit catatan nih, ternyata oatmeal itu sifatnya menyerap cairan, jadi adonan kalau nggak langsung dimasak semuanya dia akan mengental. That’s why aku sampai harus nambahin susu lebih dari resep aslinya karena nggak langsung aku masak semua adonannya. Begitupun dengan mentega leleh dan telur. Harusnya kalau separuh resep, yang aku perlukan cuma 1 sdm mentega dan ½ butir telur kocok. Tapiiiii, karena pengen adonan lebih gurih. Aku masukkin aja sesuai resep asli, pake 2 sendok mentega dan 1 butir utuh telur. Hasilnya lebih yummy.. Hehehehe…

Leave a Reply

