(DIY) Wedding Guest Book

I’m not a creative person. But when it comes to my special moment, i would like to put a little touch of mine.. ceileeee…

Jadi pas nikah kemarin itu, saya iseng-iseng aja pengen bikin buku tamu nikah. Saya nggak mau beli jadi karena kalau dipasaran itu warnanya kita nggak bisa milih. Saya maunya silver – ungu, tapi kebanyakan orang jual buku yang warna ungu itu ada semburan emasnya. So no-no-no…

Sekarang saya mau nge-share cara pembuatannya… Btw, pembuatannya dibantu my sist sih, si Koci-koci. Secara tangan saya kurang ahli di bidang “pertukangan”. Biasanya kalo mau bikin sesuatu, saya bagian ide dan nyediain bahannya Koci-koci yang “mengeksekusinya” πŸ™‚

Bahan:
Kertas karton duplex
Lem putih
Gunting/cutter
Penggaris
Pensil
Kertas Fancy (saya belinya di maypaper) tipe isis warna silver dan hera purple
Kertas Concorde ukuran A4 berat 90g (untuk isi buku, bisa dibeli di TB Gramedia)
Kertas Kalkir

Cara Membuat:
Cover:
Ukur kertas karton sesuai dengan keinginan tampilan, kalau saya seukuran kerta A4. Potong sesuai ukuran. Buat dua kali untuk cover depan dan belakang.
Ukur juga kertas isis untuk pelapis covernya, lebihkan sekitar 5 cm di masing-masing sisi untuk tempat pengeleman.
Rekatkan kertas isis ke kertas duplexnya. Harus rapi ya ^_^
Untuk pigura: saya potong kertas duplex 13 cm x 13 cm (2x, untuk alas dan jendela). Di bagian jendelanya, saya lubangi sesuai ukuran gambar. Trus tinggal ditempel deh..

Image

Image

Image

Image

Isi:
Saya bikin template di program corel draw. Yang simple aja sih, karena sebenernya saya nggak jago-jago amat ngedesain. Trus dicetak di kertas concorde

Image

Untuk second covernya, saya bikin puisi (iihiiiy…) trus dibentuk kayak lingkaran itu pake corel juga. Dicetak di kertas kalkir di tempat saya pesan undangan, Anugerah Print. Harga cetaknya 7rb/lembar.

Image

Trus bukunya disusun deh, cover depan – second cover – isi sebanyak 25 lembar – back cover. Baru dijilid di tempat fotokopian. Saya milih jilid spiral di Fotokopi Super di Jl. Dr. Sutomo, Gresik. Saya lupa harganya, mungkin sekitar 7rb – 15rb perbuku. Hehehe.. Jauh amat perbandingannya.

Image

et Voila,

Image

Image

Not a great one, but i love it ^_^

love,

reANNfi

Leave a Reply

