Vendor-vendor di Pernikahanku

Sekarang saya mau bagi-bagi info tentang vendor-vendor yang saya pakai di pernikahan saya April kemarin. FYI, saya tinggal di Gresik, jadi kayaknya lebih bermanfaat buat yang tinggal di sekitar sana. hehehe..

Sejak awal, saya (dan keluarga) sudah punya prinsip. Nggak perlu menggelar pesta pernikahan yang mewah. Karena saya juga bukan berasal dari keluarga yang punya budgetnya berlebih untuk acara seperti ini. Dan juga karena saya dan suami bener-bener mulai dari bawah. Jadi mending duitnya dialokasikan untuk yang lain.

Rangkaian acara pernikahan hanya meliputi akad nikah dan resepsi. Hah! So simple. Sebenernya Papa saya lebih pengen akad dan walimah. Tapi kalau adatnya Gresik Acara Walimah Pernikahan itu tamunya bapak-bapak doang. Lha temen saya banyak yang perempuan, saya juga pengen mereka datang keacara saya dong. makanya Papa ngalah nggak pakai walimahan. Tengkyu Pa..

Nggak ada acara pengajian karena Mama (saya) lebih pengen SAYA SENDIRI yang ngaji kalau bisa khatam Al-Quran. Alasannya saya yang menikah bukan orang lain. Glek! Alhamdulillah, saya bisa khatam dalam tiga bulan πŸ™‚ Maunya juga belajar tentang pernikahan di Masjid Al-Falah Surabaya, sayang waktunya itu yang nggak ada (atau emang nggak mau nyempetin 😦 )

Yup.. Yup… So, here’s the list:

1. Wedding Service
Saya survei di beberapa tempat: antara lain
a. Sanggar Kusuma Ayu > milik Bu Endang ini terkenal banget di Gresik sejak jaman baheula. Menurut saya makeupnya bagus, dan njawani banget..

b. Sanggar Pertiwi > tempatnya dulu di Tlogobendung sekarang pindah. Harganya lumayan sih, saya dulu ditawari 17juta untuk baju pengantin dan bala kurawanya, foto, dekorasi dan entertainment. Dan itu saya dapat BAJU BARU lhoo.. Makeupnya cukup bagus tapi agaaaak *maaf* norak. Maaf ya mbak 😦

c. Jehan > WO yang ada di kawasan Gresik Kota Baru. Tempat ini ngehits banget beberapa tahun belakangan karena makeup bagus dan minimalis, bajunya juga bagus banget. Cuma saya nggak suka dekornya terlalu megah karena ntar bikin orang perhatian ke dekornya bukan pengantinnya. Hahahahaha… Dan harganya diatas budget 😦

d. Metropolitan Salon > Nama pemiliknya Bu Aisyah. Salon ini dulu langganan saya pas SD untuk potong rambut dan make-up kalau saya mejeng pas jadi mayoret drum band sekolah. Makeupnya halus secara dia asistennya Bu Endang. Dan suaminya dia ada hubungan kekerabatan sama papa saya.

Dari beberapa pilihan diatas, kami mutusin pakai Metropolitan (selanjunya disingkat Metro). Apalagi saya juga dapat harga yang okeh banget, cuma 11juta! Ini mah harga kekerabatan, ketetanggaan dan kelamaan hubungan. Alah.

Paket ini meliputi busana pengantin laki-laki dan wanita untuk akad dan resepsi, busana 2 ayah dan 2 saudara laki2, dekorasi tempat, photographer & video, MC dan hiburan.

(+)
Dekornya bagus dan nggak berlebihan, sesuai ekspektasi lah ya.. Semua bunga untuk dekor juga bunga asli. Jadi harum πŸ™‚
Makeup oke, halus. Untuk among pun juga cukup bagus. Rata-rata bilang puas dengan hasilnya, termasuk ibu mertua yangΒ  biasanya cukup kritis juga ngakuin kok. Dan hampir semua pangling lihat saya. Ya secara saya jarang makeup sih, jadi ya sekalinya didendongin berat ya pada pangling πŸ™‚

(-)
Lem bulu mata palsunya palsuuu. hahaha… Pas akad nikah itu saya berurai air mata, hasilnya bulu matanya lepas! dan nggak bisa nempel lagi dengan sempurna di jam-jam berikutnya. Aaaaarggg!!!!
Jilbab style nya nggak oke menurut saya. Sebelumnya saya udah briefing saya nggak mau dikasih bunga-bunga banyak di kepala. Maunya minimalis kayak trend dimajalah belakangan ini. Tapi malah kebanyakan… Deuh, kelihatan norak deh.. Tapi adek saya bilang, udah mbak nggak papa, namanya juga nikah. Jadi harus lebih “keliatan”… Tidaaaak!!!!
Dan yang menambah kebetean, jam akad dan resepsi cuma beda 2 jam. Dan Bu Aisyah (perias) kayaknya nggak mau ambil resiko head pieces resepsinya nggak bisa terpasang sesuai waktunya. Jadi style antara akad dan resepsinya sama! Padahal saya maunya beda, yang akad lebih minimalis jadi matching sama busananya. Kan pas akad bajunya gamis minimalis. Aduh, bikin manyun dah..
Tempat angpaonya jadul banget dan keliatan kotor. Hahaha! Akhirnya sama sepupu saya dipinjemin tempat angpao dari kenalannya yang punya salon. Alhamdulillah..

>> Untuk foto & video, Metro pakai Arie Photography. Hasilnya cukup bagus meski arahan gayanya agak norak (untuk standard saya siiih *wink) Dan videonya juga cheesy banget. Hahahaha… sampai malu-malu sendiri liatnya. Mana background musicnya Shalawatan lagi. Padahal pengennya pakai lagu Super Junior yang – Marry U (pengantin banyak maunya). Orangnya nggak konfirm2 sih kalau videonya udah jadi… Hehehe.. Pengerjaannya sendiri cukup cepet kok, 2 minggu jadi. Saya dapat 1 album foto ukuran besar, DVD Rekaman Acara, Foto ukuran 15 R, sama CD kompilasi foto (ya iyalah masak CD lagu :p)

overall saya kasih 8/10

>> Metropolitan Salon
Jl. Pahlawan Gresik
031-70300258 (Bu Aisyah)

2. Venue
Untuk tempat pernikahan baik akad maupun resepsi, saya nggak punya pilihan selain Masjid Agung Gresik di Jl. Wahidin Sudirohusodo. Sementara orang tua saya masih nglirik-nglirik tempat lain kayak Gedung Nasional Indonesia atau Masjid Nurul Jannah. Wisma Ahmad Yani sudah kami coret dari daftar karena meski tempatnya sangat strategis bagi tamu-tamu dari Surabaya, tapi charge harga mencapai 7juta 😦 Big No-no

Akhirnya Masjid Agung lah yang jadi pilihan, alasan:
Budget mencukupi. Total 4,2juta rupiah. Sudah plus tambahan kursi 100 buah.
Tempatnya cukup strategis. 5 menit dari rumah saya. Dan cukup mudah diakses dari luar kota.
Tempat parkir lumayan luas.
Sebenernya mau akad di Masjid dan resepsinya di Aula. Tapi salah satu Budheku keberatan karena masjidnya ada di lantai atas, beliau pengen lihat akad dan kursi roda membuatnya kesulitan mengakses. Jadi dua-duanya bertempat di Aula Masjid

Satu hal yang saya nggak suka dari Masjid Agung adalaaah… mereka tanpa izin memberi nomer telepon rumah ke vendor grup sholawatan. Hmmm…

>> Masjid Agung Gresik
Jl. Wahidin Sudirohusodo

Score: 8.5/10

3. Katering
Meski di Gresik ada beberapa katering ternama seperti AA dan Nitani, saya dan ortu sepakat menggunakan jasa Atiek Katering di Jl. Made Dadi 22 Lamongan. Jaraknya cuma satu jam perjalanan dari rumah, jadi nggak masalah. Lagipula Atiek cukup sering melayani acara pernikahan di Gresik. Ortu sudah seneng sama rasa masakannya. Kami memilih Paket Harga 26ribu, dengan menu meliputi:
Nasi Putih
Nasi Goreng
Sate Ayam
Ayam Kanton
Sup Ayam, Jamur, Sosis
Sup Merah
Bistik Lidah
Udang Tempura
Cap Cay Putih
Es Buah
Es Manado
Es Puter
Jus Jambu
Air Mineral
Menu Gubuk: Soto Kikil, Siomay, Tahu Campur, Kebab

Ada satu menu gubuk tambahan Nasi Krawu Bu Zaenab. Sengaja kita nggak pesan dari Atiek karena nggak mau gambling rasanya. Hehehe..

Saya dan Koko nggak sempet incip-incip semuanya. Secara 2 jam kita dipajang di pelaminan. Nggak bisa kemana2. Tapi untunglah sisanya buanyak jadi bisa dibawa pulang. Yippie!!!!

Berdasar komen para tamu saya kasih nilai 8/10

>> Atiek Catering
Jl. Made Dadi 32, Lamongan
(0322) 321779 – 085232369999

4. Souvenir
Ada artikelnya di sini. Sempet ada miskom antara saya dan pihak vendornya. Tapi saya suka produknya sih, tas jinjing kecil dari blacu dan batik. Not bad..

Point: 7.5/10

http://jiroweddingcraft.com

5. Undangan
Mas Syamsulnya sabar banget ngadepin klien. Koleksi undangan contohnya juga banyak, meski rata-rata bling2 πŸ™‚
Bisa dibaca di sini
Score: 8/10
>> Anugrah Print
Jl. Sindujoyo (Belakang Pasar Gresik)

6. Baju Akad
Baju resepsi udah nyewa. Pengen deh punya baju akad sendiri.. Terinspirasi dari salah satu busana Lady Diana dan gaun pernikahan Camilla Parker Bowles dengan Pangeran Charles. Jadi bentuknya bukan kebaya, melainkan gaun gamis panjang pakai ada payetnya πŸ™‚

Jahitnya di salah dua penjahit langganan. Nah, disini ada dramanya nih, you know what bajunya baru siap untuk difitting hari Sabtu tanggal 06 April 2013 jam 12 siang! Dan nikahan saya berlangsung besok kan? Ckckck.. Uda panik mode on takut nggak jadi. Saya sudah agak desperate, jadi minta bu Aisyah (perias) untuk nyiapin baju akad kebaya sebagai cadangan. Tapi Alhamdulillah, bisa selesai dan diambil jam delapan malam!

As usual, hasilnya cukup bagus.

Score: 8/10

7. Cincin Kawin
Untuk yang satu ini saya agak serakah.. Saya punya DUA! Hahahaha… Yang satu terbuat dari emas yang lain dari logam biasa. Gara-garanya, si Koko kan secara agama nggak bisa pakai emas, sementara saya pengen banget pakai emas. Biar sama-sama seneng, dibuatlah dua pasang cincin.

a. Cincin emas
Sama Mama Mertua yang udah “khatam” Pasar Atom, kita (saya dan Koko) disuruh beli cincin emas di Pasar Atom. Ada dua toko yang emasnya terkenal bagus yaitu Sumber Mulia (sorry kalau namanya salah) dan Artisty. Pertamanya saya pergi ke Sumber, eee lha kok penjaga tokonya judes-judes. Malesnya..

Saya pun langsung pindah ke Artisty. Untung disini penjaga lebih ramah dan sabar.. Kalau nggak ya kita tinggal lagi. Hehehe.. Pas disuruh milih model, kitanya bingung.Β  Lebih tepatnya saya yang bingung, abis model cincinya banyak dan lucu2… Jadi pengen semua!!! Hehehe.. Ketika itu ada pasangan lain yang sedang mengambil cincin kawin pesanan mereka. Saya lirik-lirik, kok guweh bangeet.. Simple. So, i decided to use that model too.. Hahaha.. Gak kreatip sih, tapi saya udah “capek” milih-milih ..

b. Cincin Logam
Belinya di Graha Platino. Harganya kalau beli satu 250ribu tapi kalau beli sepasang jadinya 450ribu. Lumayan, hemat 50rb. Dan sebenernya dikasih voucher buat nyuci cincinya, tapi lupa naruh dimana πŸ™‚

Graha Platino
Jl. Dr. Soetomo No. 43
Surabaya
No. telp: 568.3000

8. Baju Among Tamu
Among Tamu itu sebutan untuk panitia bagian penyambutan tamu yang berdiri bebaris di jalan menuju dan setelah pelaminan. Biasanya sih terdiri dari pasangan suami istri yang termasuk kerabat dekat. Dan bajunya biasanya pakai brokat untuk yang wanita, tapi kali ini Mama saya nggak mau. Secara beliau juga udah bosan dengan koleksi brokat among tamunya. Hehehe.. Beliau mutusin beli kain yang bukan brokat pokoknya. Setelah muter2 JMP, kita nemu satu toko yang ngejual kain untuk kebaya plus bawahannya. Harganya 85ribu/stel. Untuk bapak2 dibelikan kain yang sama dengan bawahan si ibu untuk dijahit model kemeja. Bawahannya pakai celana kain hitam. Jadi sekalian dibikin oleh-oleh tanda terima kasih gitu.. Total nominalnya Rp. 125.000/pasang.

Toko Hasil
Jembatan Merah Plaza Lantai 1
dari pintu masuk utama di depan Jalan lurus, nanti nemu eskalator kedua, naik kelantai satu. Lurus aja, ntar ketemu kok..

Apalagi ya yang perlu dibagi? Kayaknya udah sih, segitu aja.. Semoga bisa membantu πŸ™‚

Ini nih, saya bagi fotonya…

Masjid Agung Gresik

Masjid Agung Gresik

Dekorasi Pernikahan - Gray & Purple

Dekorasi Pernikahan – Gray & Purple

Para Among Tamu

Para Among Tamu

Penganten Pas Akad Nikah

Penganten Pas Akad Nikah

Bulu Mata yg "Lepas"

Bulu Mata yg “Lepas”

update (18 Juni 2015): Di kolom komen ada yang komen pengen liat baju akadku secara keseluruhan. Deuh, jadi malu *ketip ketip* Karena pada dasarnya bajunya nggak terlalu sitimewa eh istimewa. Malah agak nyesel belakangan kalo liat bahan kainnya. Hehehe…

Tapi ya sudahlah, udah kejadian juga. Ha!

Ini ya saya lampirkan foto bajunya.. Maapkeun telat banget (sebulan lebih) uploadnya, biasaa my laziness is killing me..

My Dress 1My Dress 2

My Dress 3love,

reANNfi

Advertisements

37 thoughts on “Vendor-vendor di Pernikahanku

    • Hai bery,,,

      Terima kasih udah baca artikel saya… Ini sedikit berbagi pengalaman sih, kalau kemarin itu Masjid Agung ngasih peraturannya: untuk pemakaian pagi hari antara jam 7-12, kalau sorenya saya lupa. Maap..
      Pas acara nikahan saya, niatnya emang ngambil pagi, jadi selesainya jam 12. Tapi karena masih ada acara foto2 dan rapi2 gedung kita extend sampai jam 1 dan nggak dikenai tarif apa2. Kebetulan sebelum dan sesudah pernikahan saya nggak ada pasangan lain yang ngadain acara. jadi kita aman. hehehe…

      Semoga bisa membantu..

    • halo lulu…

      Kemarin itu saya jahitnya di bu jayadi. beliau itu yang punya otak-otak “mak cah”. Alamat pastinya saya nggak tahu. Heee.. Pokonya di jalan sindujoyo, Insya Allah di seberangnya toko bandeng bu muzanah. Rumahnya masuk gang, tapi dipinggir gangnya ada tulisan otak2 mak cah gitu.. tapi ini ada nomer telp: 3987459/3985971..

      Sebenernya ada juga di daerah raden santri deketnya alun-alun, tapi rumahnya juga mbuleti juga.. Hehehe… Itu langganannya sepupu saya..

      Semoga bisa membantu yaaa… Kapan rencana nikahnya? Semoga dilancarkan. Amiin..

  1. Hai mbak,. makasi banget yaa udah share tentang vendor pernikahan di Gresik. Saya juga lagi ngumpulin info sebanyak-banyaknya nih.
    Metropolitan salon itu deket rumahkuuuuu… Hehehe..
    Sukak banget sama dekorasi pelaminannya mbak, simpel tapi tetep elegan. Pinter banget milih warnanya nih πŸ™‚
    Kalo untuk sanggar kusuma ayu punya Bu Endang itu lokasinya dimana ya? Yang Jaehan juga aku dapat info dari teman, tapi emang harganya bikin pengen nangisss. Huhuuhuu..
    Mau lihat foto-fotonya lagi donk mbak,. Penasaran. Terutama pas resepsinya. Hehe..
    Maaf ya,saya banyak banget nih nanya2nya. Makasiii πŸ™‚

    • Hai Armae,

      Makasih ya udah suka sama postingan saya dan dekorasi pelaminannya.. Hehehe.. Yang penting, kasih info yang jelas ke vendor dekornya.. Waktu itu kebetulan saya pesennya udah agak lamaan jadi bu Aisyah bisa prepare-prepare..

      Kalau alamatnya Bu Endang secara persis lupa. LOL.. tapi di perumahan BP Wetan. Mending kamu langsung ke BP trus tanya-tanya ke orang-orang sekitar. Karena waktu itu saya juga gitu, iseng nanya ke ibu-ibu disana dan dijawab. Kayaknya bu Endang itu emang kondang banget di BP Wetan, jadi semua orang pada kenal. Hehehe…

      Untuk foto, bentar ya… mesti ngobrak ngabrik file dulu..

      Emang kapan nikahnya? Eh, kalau rumahmu deket Metropolitan berarti tinggal di sekitaran tlogobendung ya??

      xoxo

      • Iyaaaa,.. Dekeet. Aku di Jl. Pahlawan, gang depan puskesmas Alun2. πŸ˜€
        Ohh BP Wetan toh, sip deh. Ada keluarga juga yang tinggal disana jadi bisa nanya ntar. πŸ™‚
        Oke mbak, makasi yaa infonyaa.
        Aku tunggu foto2nya juga. penasaran. Hihi

      • Dear armae…

        Aduh, maap baru bisa bales.. Soalnya kemarin2 itu nyari video buat ngecapture foto acara eeee video nya nggak ketemu T_T Jadi gambar2 pelaminannya terbatas. Saya cuma bisa nemu dekor jalan menuju pelaminan doang..

        Maaf ya…

    • haloo…

      kalo untuk biaya jahit saya nggak bisa mastiin ya.. soalnya para among tamu saya itu jahitnya di tempat yang beda2..

      Tapi sekedar info aja, biasanya saya jahit baju itu kalo kebaya atasan yang modelnya simpel cuma 60rb. tanpa payet tanpa bordir. cuma jahit aja.. kalo rok kurang lebih 50rb. kalo kemeja cowok, dilangganan suami saya biayanya: 50rb kalo lengan pendek, 60rb utk lengan panjang.

      semoga bisa membantu πŸ™‚

      • oh ya,
        itu nyewanya ada waktunya kan?
        brpa jam gt misalnya?
        misal aku nyewa dengan harga 6juta itu nanti aku dapet 6jam misalnya?
        atau gimana mbak?

        maaf nanya terus -,-

      • Hahaha… iya gpp…

        Jadi ceritanya dulu itu saya nyewa Masjid Agung seharga 4jutaan untuk acara jam 1/2 8 – 1siang. kalo sampe jam 2siang belum selese bakal kena charge. loading barang dan dekor dilakukan sebelum jam 12 malam karena waktu itu nggak ada acara pernikahan dimalam sebelumnyo. kalo misale ada, ya loadingnya setelah jam 12malem..

        Rencananya pernikahanmu jam berapa tho?

      • pengennya ya abis isya gt mbaaak,
        kan orang2 rata2 udah pulang kantor jam 4an gitu, otomatis bisa toh,
        hehehe

        tolong infonya ya mbaak,
        kalo misal acara jam 7 gt, kita dekor & loading / drop barang2 itu jam berapa ya

      • halo iga…

        sorry ya baru sempet bales.. kalau itu bisa ditanyain sama vendor salonnya. kira2 kalo mereka dekor mulai jam 2/3 siang bisa nggak? karena takutnya ada pengantin yang pake gedung dipagi hari sebelum kamu..

  2. Mbak, maaf mau tanya. Aku kan rencananya mau akad nikah aja di masjid agungnya, mbak tau kah biaya buat akad nikah aja brpa? Kalo seumpma aku minta Cp pengurus masjid agung gtu bisa mbak? Makasi ya mbak bantuannya

    • Halo Riris,

      Seingatku dulu kalau mau pakai masjid buat akad doang Insha Allah 750rb. Itu harga tahun 2013 ya πŸ™‚

      Trus kalo soal CP, maaf saya nggak bisa bantu. Soalnya yang ngurus urusan Masjid Agung itu papa saya, dan beliau sudah lupa.. Sorry ya 😦
      Coba aja langsung ke sana trus nemuin Ta’mir Masjidnya..

      Semoga bisa membantu..

    • Hello yuli… Sorry baru bisa bales…
      Kemarin nyobaik ngurek2 file foto nikahan, Nggak ada yang foto sampai bawah.. LOL… Wait for a minute, saya bakal upload foto saya lagi pake gaunnya yaaa…. Thanks for waiting πŸ™‚

  3. Assalamu’alaikum kak..
    salam kenal kak , saya elva dari gresik juga,
    kak mau tanya untuk catering yang kakak pakai alias ATIEK CATERING
    harga paket 26.000 yang kakak ambil itu sudah include dengan menu gubug atau bagaimana??
    mohon bantuan ya kak,
    Terima kasih
    Wassalam πŸ™‚

    • Wa’alaikum salam Elva…
      Salam kenal,,, untuk yg Atiek Catering itu harga 26rb cuma buat prasmanannya ajah. Yang gubug harganya beda lagi.. Semoga bisa membantu πŸ™‚

  4. Hai mba, mau nanya..
    Saya lihat di web masjid agung gresik, waktu nikah hanya boleh pakai lagu2 islami sebagai hiburan. Jadi waktu mba nikah, apakah emang ga dibolehin puter lagiu barat atau gimana? Many thanks mba..

    • Halo nisa,
      Sorry baru balas yaa…
      Seinget saya boleh kok puter lagu barat. Yang punya saya itu mungkin karena vendornya suka muterin lagu2 islami πŸ™‚
      Yang pasti tiap ada adzan berkumandang, lagunya harus berhenti..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s