Have you drink water properly?

I admit, i have a few bad life habits. Salah satunya adalah males minum air putih. Heee… Saya jadi males, karena kalau keseringan minum air bisa dipastikan frekuensi ke kamar mandi saya juga sering. Kalau lagi di rumah sih gak papa, lain cerita kalau saya lagi di kantor. This is my another annoying habit, saya suka lama kalau pipis di kamar mandi kantor (ya iyalah.. masak pipis di kantin??).  Bahkan sama orang-orang saya suka diledek ketiduran lah atau ngosek aka ngebersihin kamar mandi saking lamanya. Hahaha… Ya mau gimana lagi, I’m lil bit a clean freak. Toiletnya kan toilet duduk tuh, nah bayangin aja banyak pantat yang mampir disitu. Ostomatis otak “bersih” saya berontak. RItualnya: saya bersihin dudukan toilet pake tisu basah/tisu yang dikasih sabun cair . Harusnya udah bersih kan ya? Tapi sama saya ditambahin lagi pake naruh lembaran tisu di atas dudukan toilet baru deh saya “berani” duduk manis.. Duuu, rempong ya mak??? Bisa ngebayangin berapa lama saya harus mendekam di kamar mandi? Hehehehe…

Eniwei, back to the main topic.. Mungkin ya karena saya jarang minum, saya jadi gampang sakit. Akhirnya semenjak setahun belakangan ini saya jadi mulai memperhatikan kesehatan saya.. Apalagi semenjak menikah, berat badan saya agak susah dikontrol naiknya.. Hehehe.. Saya mulai ngeliat apa yang saya makan, membiasakan olahraga sampai ngeobservasi warna (sorry) kotoran dan air seni.. Kurang kerjaan banget.. Hehehe… Etapi karena itulah saya jadi sadar kalau selama ini air seni saya sering berwarna kuning, artinya (dari artikel yang saya baca) saya dehidrasi.. Ooooo…

Padahal dehidrasi sendiri cukup membahayakan lho kalau diterus-terusin, karena ternyata air itu punya peranan penting banget di badan kita. Mulai browsing-browsing deh tentang pentingnya air minum. Ini hasilnya:

Manfaat air putih /  minum untuk tubuh
1.Memperlancarkan sistem pencernaan >> Air berguna untuk melarutkan makanan, vitamin dan mineral yang
berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia. Serta mengangkut zat-zat makanan dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain dan mengangkut sisa metabolisme dari jaringan ke sistem ekskresi.
2.Air putih bisa menjadi pelumas tulang dan sendi. .(biar gampang kayang dan break dance *rolling eyes*)
3.Membersihkan racun dari semua bagian tubuh lalu membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang. Efeknya bisa mencegah bau badan juga lhoo..
4.Untuk kesehatan kulit >> Saat kita kekurangan cairan, tubuh akan menyerap kandungan air dari dalam kulit sehingga bikin kulit kering dan berkerut. Air juga bisa mempercepat proses pergantian sel kulit mati. So, kulit jadi lebih segar dan kenyal.
5.Kalau dehidrasi biasanya kita gampang lelah karena ternyata air ngasih energi ke otak dan sel-sel lainnya sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
6.Membantu mengencerkan darah serta mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh.
7.Buat ibu hamil, air putih berguna untuk mengurangi mual di pagi hari akibat morning sickness.
8.Sssst… Katanya bisa mencegah masalah impotensi juga karena ternyata dehidrasi itu bisa menghambat proses produksi hormon seks.
9.Membantu membakar kalori (Yippi!!). Lagipula kita sering “kacau” pengen ngemil padahal sebenernya kita cuma haus. So, minur air putih bisa mencegah kita terlalu banyak ngemil makanan yang “aneh-aneh”.
10.Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.
11.Membantu meningkatan sistem ketahanan tubuh untuk melawan virus yg masuk.

See? See?

Air ternyata berguna untuk mengeluarkan racun dari tubuh, kalau jarang minum air otomatis proses pengeluaran racunnya terhambat ya akhirnya ngendap deh di badan. Jadi sakit. *sigh*

Mulailah saya mendeklarasikan (???) diri untuk minum air lebih banyak. Sebagai preparation saya beli tempat minum Tupperware yang ukuran 1 liter supaya gampang ngedeteksi jumlah air yang sudah saya minum seharian. Hehehe… Niat banget yaa..

Etapi kebanyakan minum air juga nggak baik lhoo.. Kata dokter Phaidon jumlah asupan air minum manusia setiap hari bisa dihitung dengan rumus : berat badan x 0,3..

Contohnya berat badan saya kan 55kg. Jadi 55 x 0,3 = 16,5. Jadi konsumsi air minum saya 1,6 – 1,7 liter.

Easy right?

Karena sebelumnya saya terbiasa minum kurang dari 1 liter sehari, itungan 1,7 liter itu jadi semacam challenge buat saya. So, saya jadi bikin strategi eh jadwal untuk minum air. Bangun tidur langsung minum air segelas.. Tiap 30 menit biasanya minum air 2 teguk trus 30 menit sebelum keluar kantor ato rumah saya selalu stop minum air karena takut kebelet pipis di tengah jalan. Abisnya males banget kan pipis di spbu. Hehehe *clean freak strike*.. Baru nyampe rumah minum lagi agak banyakan. Lumayan, sekarang warna pipis saya lebih sering beningnya ketimbang kuning.

Senengnya lagi, sekarang banyak temen kantor saya yang jadi suka minum juga. Minum air lho yaaa.. bukan yang lain. Makanya saya juga nggak sungkan buat bolak balik ke KM, karena banyak temannya. Hehehe….

Ada sedikit catatan lagi, katanya kalau minum itu mending sambil duduk ya… Jangan berdiri. Apalagi kalau di Islam makan dan minum disunahkan duduk trus baca bismillah dulu sebelum minum plus megang gelasnya pake tangan kanan ya.. Jadi berasa lebih syahdu lagi minum airnya. Hohoho…

So, guys start your properly drink now!!!

love,

reANNfi

Leave a Reply

