Nasi Liwet Daun Singkong & Peda

Hola!!!

Last holiday i’m back to my kitchen!!! Hehehe…

Baru sadar kalau dulu sempet bikin resolusi 2014 dengan banyak memasak. Lha ternyata sampe 9 bulan berlalu belum ada satupun resep yang dibuat *minta dikeplak*
Akhirnya dengan memantapkan hati Sabtu kemarin saya mencoba bikin Nasi Liwet ala Sunda. Gara-garanya ada yang pamer foto nasi liwet plus ikan peda plus lalapan daun singkong. Aaaaa.. ngeces dah..

Lalu saya nanya Mama tentang resepnya.. Eeee ternyata beliau juga belum pernah bikin. So, kemana lagi saya berpaling kalau bukan ke mbah google dan dapatlah ini….

Resep Nasi Liwet: (berdasarkan resep dari Mbak Isna dengan sedikit modifikasi)
300 gr beras putih
Air secukupnya
6 siung bawang merah iris
3 siung bawang putih iris
2 sdm minyak goreng
2-3 lembar daun salam
1 batang sereh yang dimemarkan
Garam secukupnya
Cabe rawit secukupnya
Pelengkap:
Daun singkong
Ikan peda

Cara Membuat:
1. I took care daun singkong first. Karena daun singkong yang saya dapat dari pasar agak tua-tua, untuk merebusnya sampai empuk butuh waktu yang lama. Hehehe.. So, cuci bersih daun-daunnya lalu rebus. Setelah matang tiriskan.

Daun Singkong Small2. Cuci beras sampai bersih dengan air mengalir (ssst.. air bekas cuciannya bisa dibuat cuci muka lhoo.. biar lebih putih *wink). Sisihkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Panaskan wajan dan tumis bawang merah dan putih sampai harum. Sisihkan.

Bumbu Tumis Small
4. Masukkan beras ke panci. Kalau saya (ini berdasarkan teori ala saya sih. Maunya biar nasinya nggak berkerak di panci) daun salamnya diletakkan dulu di dasar panci baru berasnya dimasukkin. Trus masukkan air kira-kira sampai 1 atau 2 ruas jari tangan kita (tergantung berasnya ya.. Tipe beras yang saya pakai itu nggak doyan air jadi cukup 1 ruas jari).
Masak Beras Step 15. Masukkan juga tumisan bawang dan sereh dan garam. Aduk-aduk.
Masak Beras Step 26. Masak nasi di atas api kecil sampai matang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Sementara menunggu nasi matang, goreng ikan peda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Begitu nasi agak matang, saya memotong-motong daun singkong trus ditaburin deh di atas nasinya bersama dengan cabe rawit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9. Kalau sudah matang, matikan api kompor. Angkat.
10. Sajikan bersama dengan ikan peda.

Ini percobaan pertama saya membuat nasi liwet. Hasilnya setengah sukses. Ha! Soalnya rasanya kurang asin kalau dimakan biasa tapi kalau dimakan bareng ikan peda.. Hmmmm.. yummmy.. So yeah, boleh dibilang sukses juga siiih #gakkonsisten

Eniwei, mengenai teori saya tentang daun salam yang bisa mengurangi gosong di panci salah ternyata. Hehehe… Nasinya tetap berkerak sodara-sodara. Tapi itu nggak akan mengurangi kecintaan saya terhadap memasak #eaaaaaa

Selamat mencoba

nb: uh oh!! postingan ini sekaligus menandai anniversary saya bersama wordpress.. Hooray!!!!! Could you send me a congratulation hug!!!!

Ultah WP

xoxo,

reANNfi

2 thoughts on “Nasi Liwet Daun Singkong & Peda

Leave a Reply

